menu close menu

Blog

Mang Lengser dari Sunda

Diposting pada : 2013-10-04 | 14:23:55 - Oleh : Admin - Dibaca : 659 kali
Bagikan Tulisan ini ke :

Di dalam upacara pernikahan adat di indonesia, Mang Lengser merupakan salah satu atraksi seni upacara adat sambut pengantin yang berasal dari adat sunda, kehadiran mang lengser ini biasanya menjadi sosok yang menarik perhatian pata tamu atau undangan. Karena Mang Lengserlah yang mengarahkan jalannya Galura Mapag Penganten atau upacara sambut penganten
Mang Lengser ini biasanya diperankan oleh pria, kalaupun ada lengser yang diperankan olah wanita biasanya hanya menjadi pendamping lengser pria. Untuk pemilihan Pria sebagai sosok Mang Lengser dikarenakan sosoknya sebagai panutan masyarakat yang dituakan, dan juga sebagai simbol penasehat dalam pernikahan, hal tersebut juga yang merupakan alasan kenapa sosok mang lengser di gambarkan sebagai seorang kakek.
Untuk penampilan biasanya Mang Lengser menggunakan kostum yang terdiri dari: Baju Kampret, Celana pangsi dilengkapi dengan sarung yang diselendangkan, serta menggunakan ikat kepala (totopong). Dengan menyuguhkan gerak tari yang lucu serta memperlihatkan giginya yang ompong, kehadirannya selalu dapat mengundang tawa undangan / tamu.
Kehadiran Mang Lengser ini biasanya tidak berlangsung lama, karena fungsinya hanya untuk menyambut kedatangan kedua mempelai dan mengantarkannya ke kursi pelaminan. Namun meski begitu, kehadirannya kerap ditunggu dan mengundang decak kagum banyak orang.
Sekian kilasan mengenai Mang Lengser, semoga bisa menambah pengetahuan kita semua mengenai pernikahan adat di Indonesia.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya